i love akuntansi

Apa sih Akuntansi? Sebelum ngebahas lebih lanjut, saya mau cerita dulu kenapa saya bisa terjun di dunia akuntansi. Basic Sekolah Menengah Atas saya ambil IPS, saya senang sekali menghafal daripada berhitung. Teringat dulu kalo mau ujian, ingatan sy masih baik akan halaman buku yang saya baca. Tapi saya ga suka baca, jenuh rasanya.hehe... Baca kalo ada keinginan menambah wawasan saya. Selebihnya ngga, tapi waktu mengajarkan saya untuk harus banyak tahu. Karena manusia itu sama seperti tanaman, dia harus bertumbuh sebelum menjadi rimbun dan memberi manfaat untuk kehidupan.

Beruntung sekali Almarhum ayah mengarahkan untuk memilih jurusan akuntansi sewaktu saya memulai kuliah di tahun 2003. Awal menerima akuntansi sebagai pilihan jurusan kuliah rasanya sulit sekali, karena pikir saya akan sama saja bersinggungan dengan hitungan matematika. Pilihan saya dulu ingin pada Manajemen atau ilmu pemerintahan, simpel alasannya, bukan karena suka, bukan juga ingin menjadi seorang manajer atau berkecimpung di dunia pemerintahan, tapi ingin pelajaran yang ringan ketika harus menempuh S1 4 tahun. Target kuliah cepat dan ingin cepat kerja alasan jurusan yang ga berat-berat banget. Padahal semua jurusan ada konsekuensi dan ketekunan yang harus diperjuangkan.

Tapi akkhirnya saya terpaksa sebagai anak mengikuti kemauan Almarhum Ayah dan Ibu untuk mengambil jurusan akuntansi, alasan mereka agar cari pekerjaan nanti lebih mudah. Singkat cerita,sy lulus kuliah di tahun 2007, dengan IPK 3,31. Pengalaman saya setelah mendalalami akuntansi, tidak semua mata kuliah bertema akuntansi. Disana persentase perhitungan akuntasi sekitar 30% sisanya tetap teori seperti kesukaan saya, misalnya ada mata kuliah manajemen binis, hukum bisnis, audit internal, teori akuntansi dll. Sedangkan untuk materi akuntansinya seperti manajemen biaya, akuntansi biaya, manajemen keuangan saya ga dapet nilai yang sangat bagus dan ga dapet nilai jelek juga..Pas-pasan..hehe, Karena memang dasarnya saya kurang suka hitungan.

So, buat temen-temen yang lagi bingung ambil jurusan apa pas kuliah dan kalian ada di posisi jurusan IPS. Jangan segan ambil jurusan ilmu akuntansi yah. Karena yang ga bisa itu akan jadi terbiasa. Banyak loh teman-teman saya yang dulu kuliah akuntansi atas dasar bukan suka atau keinginan sendiri pada akhirnya menjadi pakar akuntansi.

Karena kenyataannya kebutuhan dunia kerja itu berbeda dengan teori kuliah. Makanya ga sedikit orang yang punya pekerjaan berbeda latar belakang dengan jurusan yang dipilih. Nah, tapiiii klo kamu konsisten dengan pilihan jurusan dan dunia kerja yang udah dipikirkan sejak lama, percaya deh mimpi itu akan datang. Orang yang lebih konsisten dengan pilihannya tentu akan lebih paham dan mudah ngejalaninnya. Intinya semua itu learning by doing ...Prinsip saya yang bisa diambil pelajaran oleh teman-teman adalah, ketika kita dihadapkan dengan pillihan Ilmu Pengetahuan Sosial alias ga suka dengan Ilmu Pasti, maka pilihlah masternya. Katanya master ilmu Ilmu Sosial itu adalah Akuntansi.,jadi kalo kalian udah ada di rumpun IPS, maka pilih masternya..yah walaupun semua ilmu pengetahuan itu sama baiknya. Tapi minimal pilihan yang kita ambil, nanti akan mudah untuk mencari lapangan kerja. Pesan saya kita boleh idealis, tapi kita perlu realistis karena di Indonesia, kebutuhan kerja untuk akuntansi lumayan banyak. Tapi yang pasti jangan pilih jurusan karena ikut2an temen atau sahabat kita, karena bagi saya itu ga berlaku.

Teman sejati itu akan terseleksi oleh alam dengan sendirinya. Teman sejati akan tetap bareng kita kala susah maupun senang. Bukan pas ada lagi senengnya aja, seiring waktu alam akan menyeleksi dan kamu akan tetap melanjutkan hidupmu sendiri. Seperti sekarang, walau saya memilih akuntansi, teman sebangku sekolah saya memilih IPA Matematik kami tetap bersahabat dengan baik.Hehehe.. Sekian semoga menambah pengalaman buat kalian yang sebentar lagi dilema masuk kuliah yah.

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Ronne Scallion sebagai motivasi hidup

29 Fakta Terunik Dunia