Cara Gampang Menjadikan Kabin Mobil Sehat dan Nyaman


TEMPO Interaktif, Jakarta – Tahukah Anda, bahwa kabin mobil ternyata merupakan sarang yang paling nyaman bagi jasad renik yang bernama kuman untuk berkembang biak? Setidaknya, itulah hasil penelitian Queen Mary University, London, Inggris yang dilansir akhir April 2011.
Laman consumerreports.org, Ahad, 28 Mei 2011, menulis penelitian itu membuktikan tak kurang dari 700 kuman bersemayam di kabin mobill yang jarang dibersihkan secara total. Tak terkecuali di mobil kelas premium sekali pun.

“Kabin yang kotor dan banyak mempengaruhi kesehatan,” kata Iman Ferdian atau yang biasa disapa Feri, pemerhati dan praktisi Safety & Smart Driving sebuah perusahaan ban saat ditemui di Serpong, Tangerang, Banten, hari ini, 29 Mei.
Pasalnya, sepanjang satu hingga dua jam perjalanan, kita dipaksa menghirup kuman dan debu dengan jendela tertutup. Pada saat yang bersamaan kotoran dan kuman beterbangan seriring embusan udara dari peranti pendingin ruang (AC).
“Daya tahan tubuh menurun, capek, gampang pusing, atau bahkan gampang stress adalah beberapa gejala akibat kita banyak menghirup kuman,” ujar Feri
Tak cuma itu. Ritual berkendara dari rumah ke tempat kerja atau ke tempat lainnya pun serasa tidak nyaman. Bahkan, produktifitas sehari-hari bisa menurun.

Oleh karena itu membuat kabin mobil yang bersih, sehat, dan nyaman menjadi keharusan. Dia menyebut, menciptakan kabin mobil seperti itu bukanlah sesuatu yang sulit. Kuncinya rajin membersihkannya dan meningkatkan kenyamanan. “Biayanya pun murah,” ujar dia.
Lantas apa saja yang harus dilakukan? Berikut tips dari Feri:
1. Bersihkan kabin secara teratur
Bila Anda tidak memiliki waktu luang untuk membersihakan kabin saban hari, maka bersihkan bagian dalam mobil itu setiap sepekan sekali. Bersihkan seluruh bagian, mulai dari plafon hingga karpet dasar dengan menggunakan vacuum cleaner.
“Lakukan pembersihan mulai dari bagian plafon, ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel di bagian atas kabin berguguran,” kata Feri.
Setelah itu, bersihkan kisi-kisi AC, panel pintu, bagian dashboard dengan air bersih. Tetapi jangan menggunakan cairan yang mengandung alkohol, spiritus, atau cairan pembersih yang bercampur dengan zat pewarna. Pasalnya, zat-zat tersebut akan merusak bagian-bagian yang dibersihkan.
Cukup gunakan air bersih atau air hangat, dan saput bagian per bagian dengan menggunakan lap lembut. Namun, sebelum menyaput bagian-bagian itu sedot semua debu di bagian dashboard, jok, hingga karpet dengan vacum cleaner.
Jangan lupa, pilihlah tempat atau ruang yang bersih dan terkena sinar matahari namun tidak banyak embusan angin. Hal itu dimaksudkan agar kotoran atau debu tidak kembali masuk ke kabin.
2. Gunakan aroma terapi
Bahan aroma terapi saat ini banyak sekali dijual di toko-toko. Pilihannya pun beragam. Hanya, Anda juga perlu cermat dalam  memilihnya. “Pastikan komposisi bahan yang digunakan. Pastikan bahan-bahan tersebut merupakan bahan alami untuk herbal,” saran Feri.
Keunggulan bahan herbal alami, selain lebih segar juga lebih menyehatkan. Terlebih Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sangat mudah untuk kita dapatkan.
Salah satu aroma terapi yang bisa kita buat adalah campuran rempah-rempah. Bahan-bahan yang digunakan adalah jeruk nipis, kayu manis, serta sereh.
Caranya, potong satu buah jeruk nipis menjadi empat bagian, tambahkan empat potong kayu manis, satu batang sereh dan potong menjadi beberapa bagian.
Satukan  potongan tersebut dalam sebuah kantung yang berlubang dan taruhlah di sudut-sudut kabin. Hasilnya, sebuah aroma segar akan menyeruak memenuhi kabin mobil Anda. Selain segar, roma tersebut juga menyehatkan.
Namun, satu hal yang juga harus Anda lakukan adalah menetralisir aroma atau bau yang sebelumnya telat melekat di kabin mobil. Caranya, taruhlah kopi bubuk di kaleng kecil yang tutupnya diberi beberapa lubang kecil.
Tempatkan tiga atau empat kaleng kecil kopi bubuk itu di bawah jok mobil yang sebelumnya telah dibersihkan dan disedot dengan vacum cleaner. “Hasilnya, selain kabin segar Anda juga akan sehat. Sehingga ritual mengemudi juga menyenangkan,” jelas Feri.
Semoga bermanfaat…

By : ARIF ARIANTO

Sumber : Arsip Berita.Com

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Ronne Scallion sebagai motivasi hidup

29 Fakta Terunik Dunia