Kita Nggak Begitu Suka Dikritik


Kenapa? Karena kita punya ego. Ego ini bersifat seperti pelindung yang paling luar buat harga diri dan self esteem. Dia ini yang sering jadi just justification, meyakinkan diri sendiri bahwa kita udah melakukan yang terbaik, bahkan kadang yang paling benar.
Saat menerima kritik, orang yang egonya besar bisa ngerasa offended banget. Dia akan langsung ngeluarin jurus defense duluan, tanpa mikir apakah kritik itu ada benernya atau nggak. Seperti yang ditulis Ozge Ozkaya, seorang ahli chakra yang mengemukakan bahwa ; When ego takes control, the brain is cut off from the heart.
Nah, kadar ego tiap orang tentunya beda-beda. Thats way ada yang bisa nerima kritik dengan sportif, tapi ada juga yang jelas-jelas menolak untuk dikritik. Intinya sih tetap sama, we dont really like being critizied. Apalagi kalau datangnya tiba-tiba, tanpa diminta.
Tapi demi kemajuan, yuk kita belajar untuk lebih terbuka sama kritik. Memang ada kritik yang berbau 'iri', tapi lama-lama kelihatan jelas kok bedanya. Kalau ngga membangun sama sekali boleh aja kok di-igonore :)

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Ronne Scallion sebagai motivasi hidup

29 Fakta Terunik Dunia